Koramil 04/PWK Bersama Personil Gabungan Padamkan Karhutla di Kelurahan Pelintung

Koramil 04/PWK Bersama Personil Gabungan Padamkan Karhutla di Kelurahan Pelintung

Porospro.com - Meskipun ada sedikit hujan di Wilayah Kota Dumai serta Titik api dan asap sempat Nihil beberapa bulan yang lalu, Namun hari ini ditemukan titik api dan asap di wilayah Kota Dumai Khususnya di Kelurahan Pelintung.

Kodim 0320/Dumai melalui Babinsa jajaran Koramil 04/PWK bersama 20 orang personil  Gabungan pencegahan Karhutla berjibaku dan bekerja Ekstra untuk melaksanakan Pemadaman dan pendinginan api serta asap di lahan kurang lebih 2 Hektar di jalan Arifin Ahmad RT 04 Kelurahan Pelintung Kecamatan Medang Kampai (3/6).

Pemadaman dan pendinginan dipimpin langsung oleh Danramil 04/PWK Kapten Inf Syuar Hendrik dengan menggunakan alat mesin Tohasu, Ministreker dan Mesin Robbin.

Kapten Inf Syuar Hendrik Danramil 04/PWK mengatakan bahwa, dihadapkan dengan cuaca yang panas serta angin yang cukup kencang apabila tidak maksimal dalam pemadaman dan pendinginan lahan tidak menutup kemungkinan kebakaran lahan akan bertambah luas, oleh sebab itu  dilakukan secara terus menerus penyiraman dan melakukan penyekatan basah dengan tujuan untuk mengantsipasi agar api tidak menembus dan melebar ke lahan lainnya.

"Dengan upaya ini, api dan asap bisa dikendalikan dan kegiatan penyiraman dan pendinginan akan dilanjutkan besok hari untuk memastikan asap tidak muncul kembali dan benar-benar padam," Ujarnya.

Kapten Inf Syuar Hendrik Danramil.04/PWK juga mengatakan bahwa, di wilayah Kota Dumai saat ini anggota personil babinsanya telah berupaya melaksanakan Patroli, sosialisasi, penyuluhan, menyebarkan selebaran kertas tentang pencegahan Karhutla, mendirikan spanduk stop karhutla Serta membuat Demplot Pertanian untuk mengubah pola masyarakat bertani dengan cara tidak membakar Hutan dan lahan Serta memberikan pendampingan kepada masyarakat tentang bagaimana mengelolah lahan dan Hutan serta memberikan pemahaman dalam menghadapi karhutla di wilayah Kodim 0320/Dumai Khususnya di Jajaran Koramil 04/PWK.

"Saya menghimbau kepada seluruh Masyarkat agar menjaga alam dengan sebaik mungkin dan berharap dengan kejadian kebakaran Hutan dan lahan ini seluruh elemen masyarakat dapat mendukung pemerintah dan Fokus melakukan pencegahan Karhutla, agar jangan terulang kembali kebakaran lahan dan hutan yang bisa menyebabkan berbagai dampak negatif terhadap Ekosistem, alam dan Manusia serta mengganggu perekonomian," Kata Kapten Inf Syuar Hendrik.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar