Mengenal Lebih Dekat Pagelaran Grebek Suro dan Kirab Budaya di Inhil

Mengenal Lebih Dekat Pagelaran Grebek Suro dan Kirab Budaya di Inhil

Porospro.com - Kabupaten Indragiri Hilir, Riau terdiri atas beragam suku dan budaya. Keanekaragaman suku dan budaya tersebut menjadi khazanah bagi daerah.

Berbagai suku di daerah itu hidup berdampingan serta saling berbaur. Migrasi berbagai suku di Inhil pun sudah terjadi sejak lama.

Meski didominasi suku Banjar untuk wilayah Kota Tembilahan, Inhil juga cukup dikenal dengan tradisi budaya dari suku lainnya seperti Grebek Suro dan Kirab Budaya dari suku Jawa.

Setiap tahunya, masyarakat Jawa menyelenggarakan grebeg suro dan kirab budaya di Kecamatan Kempas sebagai peringatan menyambut hari besar Islam, yang dikemas dengan seni budaya adat jawa.

Selain itu, pagelaran tersebut juga dijadikan sebagai ajang silaturahmi serta sebagai rasa syukur kepada sang pencipta.

Gerebeg suro adalah upacara adat sebagai sarana memanjatkan doa dan mencari berkah serta sebagai bentuk penyampaian nilai moral kepada masyarakat.

Grebeg Suro digelar setiap tahun dengan berbagai macam agenda tradisi dari leluhur dengan tujuan untuk melestariakan budaya.

Rangkaian kegiatan grebeg suro cukup menarik, mulai dari arak-arakan buah-buahan, penampilan reog dan kesenian kuda Lumping.

Pagelaran grebek suro di Inhil setiap tahun mendapat respons positif dari masyarakat. 

Bupati Inhil, HM Wardan juga turut memberi apresiasi saat menghadiri pagelaran grebeg suro yang setiap tahun dipusatkan di halaman kantor lurah kempas kecamatan kempas tersebut.

Bupati HM Wardan mengharapkan, grebeg suro dan kirab budaya ini dapat masuk dalam item even wisata religi tahunan yang telah diprogramkan oleh Pemerintah Kabupaten Inhil melalui Dinas Parporabud Inhil yakni Gema Muharram.

"Saya mengharapkan, ditahun yang akan datang kegiatan ini dapat diprogramkan secara maksimal. Kepada OPD terkait khususnya kepada Disparporabud Inhil, agar kegiatan ini dapat dianggarkan melalui APBD, kalau sudah dianggarkan melalui APBD, tentunya diharapkan kegiatan ini dapat dilaksanakan lebih semarak dan lebih meriah lagi," ucapnya.

Ketua Pamaji Inhil RM Sudinoto, mengucapkan terimakasih Kepada Bupati HM wardan, karna selama kepemimpinannya, HM Wardan selalu hadir dalam acara tersebut, sudinoto juga mengharapkan dukungan yang lebih dari Pemkab Inhil. (Advertorial)

Penulis: Adriah

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar