TBM Hamfara Library Raih Prestasi sebagai Komunitas Literasi Provinsi Riau

TBM Hamfara Library Raih Prestasi sebagai Komunitas Literasi Provinsi Riau

Porospro.com - Kebahagiaan tak terkira dirasakan oleh Muhammad Ridwan selaku pendiri TBM Hamfara Library dan para Relawan saat meraih Apresiasi sebagai Komunitas Literasi Terpilih oleh Balai Bahasa Provinsi Riau dalam rangka semarak Bulan Bahasa dan Sastra Tahun 2022. Apresiasi ini diterima langsung oleh Muhammad Ridwan di Kantor Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi  Balai Bahasa Provinsi Riau, Jalan Bina Widya Kompleks Universitas Riau, Pekanbaru (27/10). 

TBM Hamfara Terpilih Pertama diantara lima nominasi yang dipilih oleh Balai Bahasa Provinsi Riau, diantaranya :  TBM Hamfara Libarary, Tembilahan - Indragiri Hilir ; TBM Insani, sungai Keranji - Kuantan Singingi ; TBM Mentari Sago, Pekanbaru ; TBM Rumah Baca NiNa, Rokan Hulu ; TBM Taratak Literasi, Pekanbaru.

Selain Apresiasi Komunitas Literasi, ada juga Apresiasi Komunitas Sastra yang diterima oleh Rumah Sunting, Pekanbaru yang di inisiasi oleh Kunni Masrohanti. Beliau adalah Ketua Penyair wanita Indonesia. Selanjutnya tokoh Sastra lisan diberikan kepada Bapak Syafaruddin yang akrab disapa Pak Tatung merupakan pewaris tradisi Gambus. Pada 1980, Gambus yang termasuk salah satu budaya suku Talang Mamak, terutama di daerah Rantau Langsat, Kabupaten Indragiri Hulu. Ada juga berbagai macam perlombaan dalam meyemarakkan bulan Bahasa dan sastra di Kantor Balai Bahasa Provinsi Riau, seperti lomba Baca Puisi, berpidato, berdendang dan membaca cepat.

TBM Hamfara Library diinisiasi oleh Muhammad Ridwan pada tahun 2017 dengan berbagai macam kegiatan literasi dengan program kegiatan yang kreatif dan inovatif. Berbagai penghargaan tingkat Kabupaten hingga Nasional sudah diraih mulai tahun 2018 hingga 2022. Setiap Tahun ada saja prestasi yang diraih oleh TBM Hamfara Library, Bahkan sudah mendapat penghargaan dari Menteri Pendidikan Indonesia, Pak Nadiem Anwar Makarim pada tahun 2020.

"Alhamdulillah, Apresiasi ini merupakan anugrah dari Allah untuk kami. Semoga ini menjadi motivasi kami agar terus semangat dalam menggerakkan literasi agar bisa meningkatkan minat dan daya baca Masyarakat. Tak tergerus oleh zaman, tak tergoyah oleh seleksi Alam." Kata Muhammad Ridwan. rls

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar