Kemensos RI Merespon Cepat Berikan Bantuan Atensi untuk Kayla Penderita Gizi Buruk

Kemensos RI Merespon Cepat Berikan Bantuan Atensi untuk Kayla Penderita Gizi Buruk

Porospro.com, Natuna_ Kementerian Sosial (Kemensos) RI melalui Direktorat Rehabilitasi Sosial Korban Bencana dan Kedaruratan (RSKBK) memberikan bantuan Asisten Rehabilitasi Sosial (Atensi) untuk Kayla balita berusia 1 tahun yang sedang mengalami gizi buruk yang kini lagi perawatan di RSUD Natuna."

Kegiatan ini adalah suatu kegiatan yang Kemensos lakukan untuk cepat merespon setiap kasus atas kondisi anak yang kurang beruntung atau sakit. 

Ini atensi dari ibu menteri terhadap warga di sini,melalui perintah ibu menteri, kami ke sini untuk memberi bantuan atensi terhadap anak tersebut," ungkap Erwan Di RSUD sewaktu di wawancarai, Senin (6/2/2023).

Erwan didampingi rekannya Ersyad Tonnedy mengatakan, bantuan atensi diberikan sesuai dengan hasil dari asesmen yang telah dilakukan.

"Inikan bantuan atensi, jadi menyesuaikan dengan hasil asesmen yang kami lakukan. Sementara hasil asesmen, secara ekonomi ibu kurang mampu dan kondisi anak sedang sakit. Rencana dari hasil asesmen adalah kita memberikan tempat tinggal yang layak dan juga bantuan usaha, supaya ibunya bisa mencukupi kebutuhan hidupnya," terang Erwan.

Selain itu, pihaknya juga akan memantau perkembangan kesehatan Kayla. 

"Untuk anaknya, tadi kita sudah konsultasi dengan dokter anak. Dari hasil konsutasi dokter anak memang menyarankan rekomendasinya adalah dipantau dalam beberapa hari ini dulu. Pulihkan secara fisik dan medisnya, baru nanti terkait dengan sakit yang lainnya akan dikonsultasi dengan dokter bedah. Pulihkan dulu kondisinya, supaya sehat baru nanti akan rekomendasi untuk penangan patah tangannya itu," sebut Erwan.

Menurut Erwan, jika nantinya akan di rujuk ke luar daerah. Pihaknya akan berupaya membantu agar Kayla mendapatkan pengobatan secara tuntas.

"Kita lihat kedepan seperti apa. Memang keinginan ibu menteri adalah pengobatan secara tuntas untuk si anak," ujar Erwan.

Erwan berharap Kayla cepat sehat, kembali pulih dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.

"Harapan kami untuk si ibu, kedepannya sambil berusaha bisa merawat si anaknya," harapnya.

Sementara, Nurhalipah ibu kandung Kayla mangaku terharu atas kepedulian Kementerian Sosial dalam upaya membantu anaknya.

"Terharu bang, dapat bantuan seperti ini. Tempat tinggal bersama anak, sangat bersyukur. Terima kasih banyak kepada pihak Kementerian Sosial," ucapnya.

Disempatan yang sama, Ketua Konunitas Aktivitis Natuna, Sirojuddin berharap permasalahan berkaitan dengan kemanusiaan dan sosial di Natuna, selalu mendapat respon positif dari Kementerian Sosial.

Turut mendampingi Erwan Sihombing dan Ersyad Tonnedy, Pekerja Sosial Pertama Dinas Sosial Kabupaten Natuna Jaswandi, S.Sos, Pengadministrasi Rehabilitasi Masalah Sosial Dinas Sosial Kabupaten Natuna Dewi Marlina, Ketua Komunitas Aktivis Natuna Sirojuddin. (eko)


Tulis Komentar