Kapten Inf Syuar Hendri Pimpin Pelaksanaan Pemadaman dan Pendinginan Bersama Tim Gabungan

Kapten Inf Syuar Hendri Pimpin Pelaksanaan Pemadaman dan Pendinginan Bersama Tim Gabungan

Porospro.com - Danramil PWK 04 Kapten Inf Syuar Hendri memimpin pemadaman dan pendinginan bersama tim Satgas Darat Karhutla Kota Dumai pada Kamis, 4 Mei 2023. Kegiatan ini dilakukan di tepi Jalan Parit Purba, Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai.

Kondisi di lokasi kebakaran cukup memprihatinkan, dengan jenis tanah gambut yang sangat mudah terbakar dan vegetasi yang terbakar adalah semak belukar. 

Luas terbakar mencapai 66 hektar, namun berkat kerja keras tim, seluruh api berhasil dipadamkan. Namun, asap masih terus keluar dari dalam gambut.

Jenis kebakaran yang terjadi adalah kebakaran permukaan dan bawah, dengan sumber air yang tersedia berupa kanal. Cuaca yang panas dan angin kencang menyulitkan keadaan.

Sejumlah personil terlibat dalam kegiatan pemadaman dan pendinginan ini, termasuk BPBD Kota Dumai, Manggala Agni, PT Wilmar, Polres Dumai, Dit Samapta Polda Riau, Brimob, Polsek Medang Kampai, Regdam, MPA, dan PT MLI. 

Mereka menggunakan sarana prasarana yang cukup memadai, antara lain 6 unit mesin Ministreker milik TNI, 1 unit mesin pompa pemadam kebakaran Shibaura TF 745 M dan 1 unit mobil PTO pemadam kebakaran milik BPBD Kota Dumai, 6 unit mesin (2 unit mesin Shimitsu, 2 unit mesin Mark dan 2 unit mesin Ministreker) milik Manggala Agni, 7 unit mesin Ministreker milik Polres Dumai, 6 unit mesin Ministreker dan 1 unit mesin Shibahura milik Dit Samapta Polda Riau, 5 unit mesin Ministreker milik Brimob, 1 unit mesin Ministreker milik Polsek Medang Kampai, 1 unit mesin Ministreker milik MPA, 1 unit mesin Ministreker milik Regdam, dan 1 unit mesin Sibahura milik PT Wilmar. 

Selain itu, juga terdapat 3 unit alat berat yang digunakan, 2 unit milik Dinas PU dan 1 unit milik PT Invitech.

Dalam kegiatan ini, Danramil PWK 04 Kapten Inf Syuar Hendri memimpin dengan baik, memberikan arahan dan koordinasi dengan semua tim yang terlibat. Hal ini membuat kegiatan pemadaman dan pendinginan berjalan dengan lancar, dan api berhasil dipadamkan dengan cepat.

"Melihat kondisi gambut yang sangat mudah terbakar dan angin kencang yang menyulitkan keadaan, masyarakat di sekitar lokasi diminta untuk selalu waspada dan menghindari tindakan yang dapat memicu kebakaran hutan dan lahan," Kata Danramil PWK 04.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar