Tingkatkan Minat Baca Dan Kesejahteraan Masyarakat, Dpad Inhil Luncurkan Inovasi “Pejabat”

Tingkatkan Minat Baca Dan Kesejahteraan Masyarakat, Dpad  Inhil Luncurkan Inovasi “Pejabat”

Porospro.com, - Perpustakaan Daerah berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Perpustakaan berdasarkan azas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan, keprofesionalan, keterbukaan, keterukuran dan kemitraan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir Abdul Rasyid SE, M.Ak menyebutkan, Perpustakaan bertujuan memberikan layanan kepada pemustaka, meningkatkan kegemaran membaca, serta memperluas wawasan dan pengetahuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Perpustakaan daerah kabupaten Indragiri hilir memiliki beberapa layanan seperti layanan anak, layanan umum, layanan rujukan/referensi, layanan perpustakaan  keliling, layanan keanggotaan, layanan inklusi sosial" Sebutnya.

Lanjutnya, Perpustakaan daerah sebagai sarana informasi menyediakan berbagai aneka jenis buku untuk dapat digunakan oleh pemustaka. Pelayanan diberikan berdasarkan klasifikasi buku anak, buku umum, buku keagamaan, ekonomi, pertanian, perikanan, perkebunan, budaya, sosial hukum dan lainnya. 

Dengan membaca para pemustaka dapat mengimplementasikan hasil bacaan untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehari-hari serta meningkatkan kesejahteraan. Berbekal buku para pemustaka dapat mengembangkan hasil yang didapat melalui inklusi sosial, seperti usaha membatik, pengolahan minyak kelapa (vco), pemanfaatan tempurung kelapa, sabut kelapa, pembuatan sabun mandi, sabun cuci dan lainnya.

Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir merupakan organisasi perangkat daerah yang mempunyai tugas dan fungsi perpustakaan dan kearsipan di daerah. Dalam pengembangan perpustakaan telah dilakukan terobosan dengan menempatkan Perpustakaan Anak pada lantai dasar gedung Perpustakaan Daerah, dan dilantai II khusus Pelayanan Umum serta dilantai IV untuk Museum Kelapa.

Melalui Inovasi “PEJABAT” (Perpustakaan Jendela Terhebat) Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir menyediakan sarana baca dan koleksi buku yang dikelola oleh petugas pelayanan dalam upaya menarik minat Pelajar dan Masyarakat untuk berkunjung, membaca, meminjam buku, diskusi, penyelesaian tugas di Perpustakaan ditambah sarana wifi gratis. Dengan membaca dapat menyelesaikan permasalahan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Dengan adanya Inovasi “PEJABAT” produk Inovasi Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kabupaten Indragiri Hilir mampu meningkatkan kegemaran membaca, mewujudkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM) dengan dukungan seluruh Stake Holder Kabupaten Indragiri Hilir yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat untuk keajayaan Indragiri Hilir yang semakain maju, bermarwah dan bermartabat.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar