UPT Puskesmas Kuala Enok Ciptakan Inovasi GSU

UPT Puskesmas Kuala Enok Ciptakan Inovasi GSU

Porospro.com, - Upt Puskesmas Kuala Enok Ciptakan Inovasi  Gerakan Sedekah Umma (GSU) Setetes Darah Dari Kecanatan Tanah Merah Untuk Keselamatan Umat Manusia, Kamis 17 maret 2022.

Dalam rangka memberikan serta menjamin ketersediaan darah yang cukup bagi ibu hamil, melahirkan, dan nifas, serta pelayanan darah yang aman dan bermutu terutama bagi masyarakat Kecamatan Tanah Merah.

Kepala UPT Puskesmas Kuala Enok H.Syum Menyebutkan, Kami membuat suatu gerakan yang menghimpun seluruh lapisan masyarakat baik dalam wilayah ataupun luar wilayah Kecamatan Tanah Merah Untuk secara sukarela bergabung dan mendonorkan darahnya dalam Suatu Trobosan Inovasi GSU-Gerakan Saddakah Umma (Gerakan Setetes Darah Dari Kecamatan  Tanah Merah Untuk Keselamatan Umat Manusia.

"Hal ini merupakan Terobosan Mengingat tingginya kebutuhan akan darah mencapai 600 kantong darah perbulananya atau sekitar 7.200 kantong pertahunnya di Kabupaten Indragiri Hilir",Sebutnya.

 

Lanjutnya, Dengan demikian sebaiknya ada program kerjasama antara Puskesmas, unit transfusi darah (UTD). 

Program tersebut dibentuk untuk menjamin tersedianya darah yang cukup bagi ibu hamil, melahirkan, dan nifas. Pelayanan darah yang aman dan bermutu menjadi bagian tak terpisahkan untuk menekan angka kematian ibu.

"Inovasi GSU-Gerakan Saddakah Umma ini dibuat sebagai komitmen UPT Puskesmas Kuala Enok-Pemerintah Kecamatan  Tanah Merah, Dinas Kesehatan serta Pemerintah Kabupaten Indragiri Hilir untuk tetap memberikan pelayanan terbaik serta meningkatkan kemudahan pelayanan publik dan pemenuhan kebutuhan masyarakat akan darah"tuturnya.

Lebih lanjut, Keterlibatan seluruh unsur masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan  inovasi Gerakan Sadakah Umma di samping peran PMI Kabupaten maupun PMI Kecamatan, Kegiatan yang semula awalnya merupakan kegiatan organisasi masyarakat yang kemudian di satukan dalam inovasi Gerakan Sadakah Umma yang memungkinkan lebih banyak keterlibatan semua unsur masyarakat baik instansi Pemerintah maupun masyarakat, instansi dan organisasi masyarakat, paguyuban yang turut ambil bagian sebagai peserta Donor darah.

"Sukarelawan yang terdaftar di Sekretariat GSU-Gerakan Saddakah Umma sebanyak 321 orang yang telah siap mendukung Inovasi GSU-Gerakan Saddakah Umma dalam rangka pemenuhan kebutuhan darah bagi ibu hamil, ibu melahirkan dan masyrakat Tanah Merah"tungkasnya.

"Berdasarkan data yang telah terkumpul pada tahun 2022 terdapat jumlah pendonor  321 orang, dengan jumlah kantong darah yang hasilkan terdapat 141 kantong darah, dan jumlah masyarakat dengan edukasi donor darah dari berbagai instansi kurang lebih 654 orang"tandasnya.

Dengan adanya Inovasi GSU-Gerakan Saddakah Umma masyarakat sudah merasakan manfaatnya karena masyarakat yang membutuhkan darah dan untuk akses  layanan serta petunjuk teknis layanan ini sudah terhubung dengan website resmi UPT. Puskesmas Kuala Enok dengan link :  https://puskesmaskualaenok.id  dan juga terdapat pada website resmi  Dinas Kesehatan dan untuk Informasi Layanan baik melalui wad an website dengan link : https://dinkes.inhilkab.go.id/.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar