Guna Cegah PMK, Serda Cerzakatno Laksanakan Patroli

Guna Cegah PMK, Serda Cerzakatno Laksanakan Patroli

Porospro.com - Pada hari Minggu, tanggal 30 Juli 2023, Serda Cerzakatno, Babinsa yang bertugas di Kelurahan Teluk Makmur, Koramil 02/BK, melaksanakan kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi mengenai Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak sapi. Kegiatan ini ditujukan kepada pemilik ternak, Mukhrim, yang berusia 40 tahun, dan berlangsung di Jalan Mattaim, RT.03, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai.

Kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi yang dilakukan oleh Serda Cerzakatno merupakan bagian dari strategi penanganan PMK yang bersifat masif di wilayahnya. PMK merupakan penyakit yang dapat menimbulkan kerugian besar bagi peternak, dan upaya pencegahan serta penanganan dini menjadi kunci untuk meminimalisir penyebarannya.

Selama kegiatan berlangsung, Serda Cerzakatno secara teliti memeriksa kesehatan hewan ternak milik Mukhrim. Dengan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya, Serda Cerzakatno dapat memastikan bahwa ternak sapi yang diperiksa berada dalam kondisi yang sehat dan tidak terjangkit penyakit PMK. Ia juga memberikan beberapa tips dan saran kepada Mukhrim dalam hal perawatan dan kebersihan ternaknya untuk mencegah kemungkinan infeksi PMK di masa mendatang.

Tidak hanya melakukan pemantauan kesehatan ternak, Serda Cerzakatno juga memberikan sosialisasi kepada Mukhrim mengenai tanda-tanda awal PMK, cara penyebarannya, dan langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan. Sosialisasi ini bertujuan agar Mukhrim dapat menjadi agen perubahan di komunitasnya dengan menyebarkan informasi penting ini kepada para pemilik hewan ternak lainnya.

"Kami berkomitmen untuk memberikan dukungan dan pendampingan kepada masyarakat terkait kesehatan hewan ternak mereka, termasuk upaya pencegahan dan penanganan PMK. Semoga dengan adanya sosialisasi ini, kesadaran masyarakat dalam menjaga kesehatan ternak semakin meningkat," ujar Serda Cerzakatno.

Mukhrim menyambut baik kehadiran Serda Cerzakatno dan apresiasi terhadap kegiatan pendampingan dan sosialisasi ini. Ia menyatakan, Terima kasih kepada Babinsa yang telah memberikan perhatian khusus pada kesehatan ternak kami. Sosialisasi yang diberikan sangat bermanfaat bagi kami sebagai pemilik hewan ternak agar dapat lebih peka terhadap kesehatan ternak dan mencegah PMK.

Koramil 02/BK, khususnya Babinsa Kelurahan Teluk Makmur, berharap bahwa kegiatan pendampingan, pemantauan, dan sosialisasi ini akan memberikan dampak positif dalam penanganan PMK secara menyeluruh di wilayah tersebut. Dengan adanya kerjasama antara TNI AD dan masyarakat, diharapkan potensi penyebaran penyakit pada hewan ternak dapat diminimalisir dan kesehatan ternak menjadi lebih terjaga.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar