Babinsa Koramil 06 Merbau dan Masyarakat Rutin Cek Kondisi Lahan Cegah Karhutla

Babinsa Koramil 06 Merbau dan Masyarakat Rutin Cek Kondisi Lahan Cegah Karhutla

Porospro.com - Kodim 0303/Bengkalis melalui Babinsa Koramil 06/Merbau melaksanakan kegiatan monitoring untuk mencegah terjadinya Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di daerah rawan, khususnya di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam upaya rutin ini, Serka Eri Efrianto dan Serda Ade D. Purba bersama masyarakat setempat turut terlibat.

Serka Eri Efrianto, salah satu pelaksana kegiatan, mengungkapkan bahwa monitoring ini merupakan langkah penting dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah terjadinya karhutla di Wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis. Dengan mengambil peran aktif dalam patroli dan pengawasan di daerah rawan karhutla, masyarakat dapat berkontribusi dalam pencegahan bencana ini.

Lebih lanjut, Serka Eri Efrianto menjelaskan bahwa wilayah yang menjadi fokus monitoring adalah daerah yang masih banyak memiliki lahan kosong dan berjenis tanah gambut. Lahan-lahan seperti ini rentan terhadap terjadinya Karhutla, karena kondisi gambut yang mudah terbakar dan sulit dikendalikan.

"Kegiatan ini memiliki tujuan yang lebih luas, yaitu mencegah pencemaran udara akibat kebakaran hutan serta mengurangi dampak negatif yang dapat berdampak buruk pada kesehatan masyarakat. Dengan adanya kerja sama antara pihak militer dan masyarakat, diharapkan potensi terjadinya karhutla dapat diminimalisir," ujarnya.

Monitoring yang dilakukan ini dilaksanakan secara khusus di Kelurahan Teluk Belitung, Kecamatan Merbau, Kabupaten Kepulauan Meranti. Dalam upaya ini, masyarakat juga diberikan pemahaman mengenai bahaya membuka lahan dengan cara membakar, yang selama ini menjadi salah satu penyebab utama terjadinya kebakaran hutan.

Serda Ade D. Purba, yang juga terlibat dalam kegiatan ini, mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama berperan dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan. Dengan tidak lagi menggunakan metode membakar dalam membuka lahan, diharapkan dapat mencegah terjadinya kebakaran dan menjaga keseimbangan ekosistem di wilayah tersebut.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar