Pelaksanaan Sosialisasi Personil Koramil 06 Merbau Berjalan Lancar

Pelaksanaan Sosialisasi Personil Koramil 06 Merbau Berjalan Lancar

Porospro.com - Serda C. J Silalahi dan Pratu Rahmad, Babinsa Koramil 06/Merbau, melaksanakan kegiatan patroli dan sosialisasi tentang Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) kepada masyarakat di wilayah binaan di sekitar Desa Bagan Melibur, Kecamatan Merbau.

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) ini menjadi langkah rutin yang diambil oleh Babinsa, bertujuan untuk mencegah terjadinya karhutla di wilayah Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis.

Selain itu, Serda C. J Silalahi menjelaskan bahwa tujuan dari patroli dan sosialisasi ini adalah untuk memberikan contoh dan mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak menggunakan pembakaran hutan dan lahan, yang dapat berakibat merugikan semua pihak.

Ia menekankan bahwa penting bagi masyarakat untuk memahami bahwa tindakan membakar hutan dan lahan sangat tidak dianjurkan, apalagi dalam konteks membuka lahan dengan metode pembakaran. Hal ini bukan hanya merugikan, tetapi juga melanggar peraturan dan bisa dikenai sanksi hukum.

Selama patroli dan sosialisasi, Babinsa memberikan penjelasan tentang dampak bahaya akibat karhutla yang mencakup kerugian kesehatan, ekonomi, dan lingkungan. Mereka mendorong masyarakat untuk berperan aktif dalam langkah-langkah pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, Babinsa juga mengingatkan masyarakat tentang konsekuensi hukum yang serius terkait dengan tindakan membakar hutan dan lahan. Selain berpotensi merusak lingkungan dan merugikan banyak pihak, pelaku juga bisa dikenai denda dan hukuman penjara.

"Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat, patroli dan sosialisasi seperti ini menjadi alat yang efektif. Masyarakat di wilayah binaan diharapkan akan lebih memahami bahaya karhutla dan berpartisipasi aktif dalam mencegahnya, guna menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan bersama," Jelasnya.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar