Kisah Perawat Pasien Covid-19, Berkali-kali Mandi demi Bertemu 'si Buah Hati'

Kisah Perawat Pasien Covid-19, Berkali-kali Mandi demi Bertemu 'si Buah Hati'

Porospro.com - Seorang tenaga medis di Madiun rela mandi berulang kali untuk memastikan dirinya bersih dari kuman dan virus. Sehingga berani pulang ke rumah setelah merawat pasien Corona.

Menjadi garda terdepan dalam penanganan wabah Corona, tenaga kesehatan menghabiskan lebih banyak waktu merawat pasien.

Bahkan tak sedikit dari mereka yang tak bisa pulang dan harus tinggal di kos yang disediakan pihak RSUD.

Namun ada salah seorang tenaga medis RSUD dr Soedono Madiun yang memilih pulang tiap hari ke rumahnya. Kendati harus sering mandi sebelum pulang ke rumah.

"Alhamdulillah setiap hari masih bisa pulang (usai kerja di RSUD dr Soedono). Tapi ya setelah dari ruang pasien harus mandi berkali-kali," terang perawat RSUD dr Soedono Madiun, Sandra saat dihubungi detikcom, Sabtu (18/4/2020).

Sejak merawat pasien positif COVID-19, kata Sandra, dalam sehari bisa mandi tiga sampai empat kali.

Sering mandi dia lakukan untuk memastikan bersih dan tidak membawa kuman ke rumah.

"Hanya untuk memastikan kami bersih dan tidak bawa pulang kuman (saat bertemu keluarga). Sebenarnya kami di berikan fasilitas kos dari pihak RS tapi kalo ibu-ibu seperti saya tetap gak tega ninggal anak di rumah," imbuhnya.

Sandra mengungkapkan, setiap usai bertemu pasien dan sebelum makan di rumah sakit, dirinya selalu mandi terlebih dahulu.

Sehingga setiap hari dia selalu membawa perlengkapan mandi dan meninggalkan pakaian di RSUD untuk di laundry.

"Semua pakaian yang kami pakai selama di ruangan ditinggal d RSUD Soedono dan dilaundry di RS. Jadi, ya saya dan teman-teman memilih tetap pulang dengan catatan harus sadar diri memastikan benar-benar bersih sebelum pulang," paparnya.

Sandra juga berpesan untuk masyarakat tetap patuh dengan imbauan pemerintah. Dengan tetap di rumah dan menerapkan pola hidup sehat.

"Mohon percayakan tim medis berjuang untuk kesembuhan pasien. Jaga kesehatan dengan pola hidup sehat sesuai anjuran pemerintah," imbuhnya.

Sandra menambahkan, semangat para tim medis juga tidak lepas dari peran Wakil Wali Kota Madiun Inda Raya. Menurutnya Inda kerap memberikan kejutan dengan mengirimkan bingkisan makanan.

"Luar biasa ibu Wawali (Inda Raya) terima kasih support-nya untuk kita. Di saat penat selain menelepon anak dan suami dapat makanan dari beliau," sambungnya.

Di lain pihak, Inda Raya mengaku bangga dengan kerja keras para tim medis. Dirinya sengaja mengirimkan makanan yang dipesan dari para pelaku UMKM.

"Kita yang jelas sangat bangga dengan kerja para tim medis yang merupakan garda terdepan. Kebetulan para pelaku UMKM juga terdampak atas wabah Corona atas pemberlakuan physical distancing," ujar Inda Raya.

"Kita bantu mereka dengan memesan makanan dari UMKM bergilir kita bagi ke para tim medis. Baik di RSUD dr Soedono maupun RSUD Kota Madiun. Semua kita berikan yang terbaik," pungkasnya.

Sumber: detik.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar