Kerukunan Beragama di Maluku Dipuji Menag

Kerukunan Beragama di Maluku Dipuji Menag

Porospro.com - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Maluku, Abdullah Latuapo beserta jajarannya menyambangi Menteri Agama, Fachrul Razi. Dalam pertemuan yang berlangsung pada Jumat, 3 Juli 2020 itu Abdullah memaparkan sejumlah poin, di antaranya terciptanya kerukunan umat beragama dan kegiatan keagamaan tingkat nasional yang berlangsung sukses di Maluku.

Kegiatan itu meliputi gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tahun 2012, Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi), Pesta Paduan Suara Gerejani (Pesparani), dan Festival Seni Budaya Islam yang digelar Lembaga Senin Qasidah Islam (Lasqi).

“Tahun ini rencananya akan digelar Utsawa Dharma Gita yang merupakan festival perayaan umat Hindu di Maluku. Namun, tertunda karena pandemi Covid,” ujar Abdullah, melansir laman resmi Kemenag, Sabtu (4/7/2020).

“Keharmonisan dan kerukunan di Maluku sangat baik dan menjadi cita-cita para pimpinan dan tokoh agar Maluku bisa menjadi laboratorium kerukunan umat beragama,” sambungnya.

Sementara itu, Menag mengaku terkesan dengan kerukunan umat beragama di Maluku sebagaimana dijelaskan Abdullah Latuapo.

Bahkan, kata dia, Ketua MUI Maluku tidak hanya fasih bicara MTQ dan Lasqi, tapi juga Pesparawi yang menjadi ajang keagamaan umat Protestan, dan Pesparani yang menjadi ajang keagamaan Katolik.

“Toleransi dan kerukunan di Maluku sangat membanggakan. Umat satu agama ikut mendukung dan bahkan membantu kelancaran penyelenggaraan keagamaan umat lain. Ini patut dicontoh oleh umat beragama di seluruh Indonesia. Semua agama mengajarkan toleransi dan kerukunan. Keduanya adalah modal utama bagi kemajuan bangsa,” kata Menag.

Sumber: okezone.com

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar