UPT Puskesmas Kuala Enok Laksanakan Deklarasi Komitmen Remaja Sehat Anti Pernikahan Dini Mendukung Pencegahan Stunting

UPT Puskesmas Kuala Enok Laksanakan Deklarasi Komitmen Remaja Sehat Anti Pernikahan Dini Mendukung Pencegahan Stunting

Porospro.com, - UPT Puskesmas Laksanakan Acara Deklarasi komitmen remaja sehat anti pernikahan dini mendukung pencegahan stunting di wilayah UPT Puskesmas Kuala Enok, Tembilahan Jum'at (17/03/23).

UPT Puskesmas Laksanakan Acara Deklarasi komitmen remaja sehat anti pernikahan dini mendukung pencegahan stunting di wilayah UPT Puskesmas Kuala Enok dengan Kegiatan senam, edikasi reproduksi dan pernikahan dini, pemberian tablet tambah darah, deklarasi komitmen anti pernikahan dini dan penandatangan deklarasi oleh perwakilan remaja dari SLTP dan SLTA wilayah UPT Puskesmas  Kuala Enok.

Kegiatan ini di laksanakan kolaborasi antara gerakan masyarakat dengan mengadakan senam masal bagi masyarakat termasuk remaja dan anak sekolah.

Kepala UPT Puskesmas Kuala Enok, H. Syum menyebutkan, Kita mencoba mengkombinasikan kegiatan tersebut dengan mengambil momen ini di mana dimana acara yang di laksanakan ini merupakan acara inovasi 

Lanjutnya, kegiatan tersebut bertujuan memberikan edukasi tentang kesadaran reproduksi berkaitan dengan pernikahan dini.

Sambungnya, kemudian Agar remaja mendapatkan asupan darah, adanya deklarasi remaja anti pernikahan dini yang bertujuan mendorong atau upayakan kesehatan bagi remaja kemudian dengan kesehatan remaja tersebut juga mereka didorong untuk tidak melakukan pernikahan dini.

"Mencegah atau melakukan upaya pencegahan terhadap pernikahan ini juga untuk mencegah stunting dari awal sebelum terjadinya persiapan pernikahan dengan keadaan remaja itu sudah sehat"Ujarnya.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut turut hadir pihak Kecamatan, kepolisian, Kelurahan, kantor KUA dan siswa SMP SLTA yang ada di wilayah kerja UPT Puskesmas Kuala Enok.

Selain melaksanakan kegiatan Deklarasi komitmen remaja sehat anti pernikahan dini mendukung pencegahan stunting dan senam UPT Puskesmas Kuala enok juga membagikan kurang lebih 100 Tablet Tambah darah untuk siswa putri. Untuk peserta keseluruhan pada acara tadi pagi berjumlah kurang lebih 300 orang.

Kemudian adanya edukasi tentang kesehatan reproduksi dan tambah darah yang berkaitan dengan persiapan pernikahan dan dampak dari pernikahan dini dan terakhir dengan deklarasi yang di bacakan oleh utusan dari MAN selaku peran duta stanting dan di akhir dengan penandatanganan perwakilan perwakilan dari masing - masing sekolah yang di saksikan lintas sektor dan di tandatangani oleh camat tanah merah.

"Saya berharap kita dapat mempersiapkan generasi muda agar nantik jika mereka menikah dalam keadaan sudah sehat dan akan menghasilkan keturunan yang sehat juga"Harapnya.

Kita berharap remaja-remaja ini tidak melakukan pernikahan dini dengan demikian diharapkan remaja yang sudah matang menikah tidak akan menjadikan atau tidak menimbulkan permasalahan pernikahan yaitu akan melahirkan anak-anak dengan starting. (SAFAR)

 

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar