Sambangi Kecamatan Tasik Putri, Dua Babinsa Koramil 06 Merbau Melaksanakan Patroli

Sambangi Kecamatan Tasik Putri, Dua Babinsa Koramil 06 Merbau Melaksanakan Patroli

Porospro.com - Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla), Serda K. Sinaga dan Serda Syahrul, dua anggota Babinsa Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis, melakukan kegiatan patroli dan sosialisasi di sekitar Desa Mengkirau, Kecamatan Tasik Putri Puyu. Kegiatan ini dilakukan secara rutin oleh Babinsa guna menghindari terjadinya Karhutla di wilayah tersebut.

Kegiatan patroli dan komunikasi sosial (komsos) ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya Karhutla serta pentingnya menjaga lingkungan dengan tidak membakar hutan dan lahan. 

Serda K. Sinaga menjelaskan bahwa pembakaran hutan dan lahan merugikan semua pihak dan melanggar peraturan hukum yang dapat berakibat pidana.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar lebih peduli terhadap lingkungan dan aktif dalam langkah-langkah pencegahan Karhutla. Dampak negatif akibat Karhutla sangat merugikan, baik dari segi kesehatan, ekonomi, maupun lingkungan.

"Masyarakat diminta untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar, karena tindakan tersebut dapat mengakibatkan kabut asap yang berdampak buruk pada kesehatan pernafasan. Selain itu, pelanggaran terhadap aturan ini dapat dikenai sanksi denda yang besar serta pidana penjara," Kata Serda K Sinaga.

Melalui kegiatan patroli dan sosialisasi ini, Babinsa berperan aktif dalam mengedukasi masyarakat tentang bahaya Karhutla dan pentingnya menjaga lingkungan. 

Semoga kesadaran ini dapat mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan di wilayah binaan Koramil 06/Merbau Kodim 0303/Bengkalis.

image
Redaksi

Berbagi informasi Tlp/WA 082389169933 Email: [email protected] Pengutipan Berita dan Foto harap cantumkan porospro.com sebagai sumber tanpa penyingkatan


Tulis Komentar